4 views

4 Janji Allah dalam Al-Qur’an

Ada kalanya kita merasa bersusah hati atau kita dihadapkan pada 2 pilihan atau lebih dalam menentukan langkah kehidupan kita. Pada saat itu, sebenarnya kita sedang diuji oleh Allah. Namun, banyak yang lupa bahwa sejatinya ujian tersebut merupakan ladang bagi kita untuk belajar dan beramal, bahkan Allah memberikan beberapa janji pada manusia.

Sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut.
“Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan, ‘Kami telah beriman,’ sedang mereka belum diuji ? Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang- orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang- orang yang dusta.” (Qs. Al-‘Ankabuut: 2-3)

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita selalu berkhusnudzon kepada Allah. Selain itu, kita juga harus selalu berusaha untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Sebab Allah telah menyiapkan sesuatu yang indah untuk kita seperti 4 janji Allah yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai berikut.

1. Senantiasa bersyukur kepada Allah

“Jika kalian bersyukur maka akan Aku tambahkan nikmat-Ku untuk kalian.” (Qs. Ibrahim: 7).
Manusia diharapkan untuk selalu mensyukuri apa pun yang didapatkan, entah itu baik atau buruk. Karena semua itu merupakan kuasa-Nya.

2. Selalu mengingat Allah

“Ingatlah kepada-Ku niscaya Aku ingat kepada kalian.” (Qs. Al-Baqarah: 152)
Manusia diharapkan untuk selalu ingat kepada Allah dalam keadaan apapun. Bukan hanya di waktu mendapat musibah.

3. Berdoa kepada Allah

“Berdo’alah kepada-Ku pasti Aku kabulkan untuk kalian.” (Qs. Ghafir: 60)
Berdoa merupakan kekuatan manusia. Karena tidak ada kekuatan apapun dalam diri manusia selain dari Allah dan itu melalui doa.

4. Memohon ampun kepada Allah

“Tidaklah Allah mengadzab mereka, selama mereka memohon ampun (beristighfar kepada Allah).” (Qs. Al-Anfal: 33)
Allah maha penyayang. Oleh karena itu, Allah akan mengampuni hamba-Nya yang telah berbuat dosa jika mereka bertaubat atau memohon ampun.

Jika kita selalu berprasangka baik kepada Allah, Insyaa Allah kita akan mendapatkan hal yang baik pula. Kita juga bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an setiap hari. Untuk meningkatkan ilmu dalam membaca, memahami, dan menghafal Al-Qur’an, kita dapat memanfaatkan layanan mengaji online. SyariHub adalah salah satu platform yang menyediakan layanan mengaji Al-Qur’an secara online. Layanan ini memudahkan murid dalam menemukan guru yang memberikan bimbingan mengaji Al-Qur’an secara online.

Sumber: gomuslim, kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *