1 views

5 Keistimewaan Membaca Ayat Seribu Dinar

Banyak sekali ayat-ayat dalam Al Quran yang memiliki banyak keutamaan. Diantaranya adalah ayat seribu dinar. Sebenarnya, ayat seribu dinar ini adalah bagian akhir ayat 2 dan seluruh ayat 3 dalam surat Ath- Thalaq.

Lalu, mengapa dinamakan ayat seribu dinar?

Nah, dinamakan ayat seribu dinar adalah karena khasiat ayatnya yang konon jika dibaca akan memudahkan kita dalam mencari rizki. Bunyi ayat ini adalah:

“Wa man yattaqillaaha yaj’al lahuu makhrojan, Wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasibu,Wa man yatawakkal’alallaahi fahuwa hasbuhuu,Innallaaha baalighu amrihii,Qad ja’alallaahu likulli syai in qadran”(QS.ATH-THALAQ: 2-3)

Artinya :

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya Rizki dari arah yang tidak dia duga. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan mencapai urusanNya, sesungguhnya Allah telah mengadakan bagi tiap-tiap sesuatu ketentuan.”

Menurut Ibnu Katsir, Maksud ayat “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya Rizki dari arah yang tidak dia duga” adalah barangsiapa yang bertakwa kepada Allah dengan menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi laranganNya niscaya Dia akan member rizki dari arah yang tidak pernah terbesit dalam hatinya.

Keistimewaan Membaca Ayat Seribu Dinar :

1. Pentingnya bertakwa kepada Allah

Bertakwa adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Menjalankan perintah Allah juga harus dilandasi dengan hati ikhlas serta dilakukan sesuai syari’at Islam.

2. Allah memberikan jalan keluar bagi setiap permasalahan bagi yang bertakwa

Bagi orang yang benar-benar bertakwa seperti dijelaskan diatas, Allah akan memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi. Jadi tingkatkanlah ketakwaan kita niscaya setiap permasalahan dalam hidup kita akan diberikan jalan keluar.

3. Allah memberikan Rizki bagi orang yang bertakwa melalui jalan yang tidak disangka-sangka

Kata utama sekali lagi adalah Takwa. Maksud yang tidak disangka-sangka adalah melalui jalan yang tidak terpikirkan sama sekali oleh orang yang bertakwa itu. Maka, permasalahan mengenai Rizki akan dituntaskan oleh Allah bagi orang-orang yang bertakwa itu sendiri. Dalam hidupnya tidak akan kekurangan Rizki karena Allah mencukupinya.

4. Mengurangi Dosayang dapat menghalangi datangnya Rizki

erbuatan dosa bukanlah perbuatan yang dilakukan orang yang bertakwa. Maka dari itu, sesuai hadits diatas, dosa dapat menghalangi kita dari rizki.

5. Allah lah yang menetapkan segala sesuatu

Sesuai dengan hadits diatas bahwa seseorang tidak akan sanggup mencelakakan kita kecuali telah ditetapkan oleh Allah kita akan diceakakan orang. Ini sebgai bukti Bahwa Allah lah yang menetapkan segalanya. Termasuk rizki dan pertolongan untuk segala masalah yang kita hadapi. Maka, pesan nabi adalah untuk selalu menjaga ketakwaan kita kepada Allah dengan kata “jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, Niscaya engkau akan mendapatkanNya dihadapanm”.

Setelah mengetahui keistimewaan ayat seribu dinar, kita sebagai umat muslim hendaknya menerapkan untuk rutin membaca Al-Qur’an kedalam kehidupan sehari-hari. Di kondisi yang serba canggih seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan untuk tetap belajar mengaji. Kini, tersedia belajar mengaji Al-Qur’an secara online dengan guru bersertifikat.  Seperti yang kita tahu bahwa membaca Al-Quran tentunya memiliki banyak keutamaan. Tentunya dengan membaca Al-Quran  akan membawa keutamaan lebih bagi kita, lantaran seperti yang telah disampaikan diawal, bahwasanya kita diperintahkan untuk bukan hanya sekadar membacanya saja, tetapi mempelajarinya, mengamalkannya serta mengajarkannya.

Sumber : https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/keutamaan-ayat-seribu-dinar

Penulis : Prilistia Putri Pratama Priyambada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *