3 views

Al-Qur’an, Obat Penenang Hati

Al-Qur’an merupakan kitab Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Muslim. Selain itu, di dalam surat dan ayat Al-Qur’an juga terkandung penawar dan obat penenang hati, sebagaimana firman Allah berikut.

“Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82)

Allah SWT telah berjanji kepada orang-orang yang rajin membaca dan mengamalkan Al-Qur’an akan menjadikan Al-Qur’an sebagai penawar dan rahmat baginya. Dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an, ada beberapa surat dan ayat yang bisa digunakan sebagai obat penenang hati. Ketika hati sedang gelisah, sedih, dan tidak tenang, maka dengan membaca surat dan ayat ini Insyaa Allah hati akan menjadi lebih tenang.

  1. Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah merupakan pembuka dari kitab suci Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan. Surat dengan banyak keistimewaan ini juga disebut sebagai Ummul Qur’an.

Rasulullah SAW telah bersabda, “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Al Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Apabila hati sedang gelisah, gundah, dan tidak tenang, kita dianjurkan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 7x. Dengan demikian Insyaa Allah hati akan menjadi lebih tenang dan tenteram.

  1. Surat Al-Baqarah Ayat 255 atau Ayat Kursi

Ayat ke 255 pada Surat Al-Baqarah ini sering kali disebut sebagai ayat sapu jagat. Hal ini karena ayat ini dapat diamalkan sebagai penyembuh, doa, dan penenang hati. Allah SWT berjanji akan memelihara orang-orang yang membaca ayat ini dari seluruh kejahatan, keburukan, dan penyakit. Ayat Kursi ini dianjurkan untuk dibaca pada pagi hari dan sore hari.

  1. Dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah

Ayat yang bisa dijadikan sebagai obat penenang hati berikutnya adalah dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,  “Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah.”

  1. Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Naas

Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Naas merupakan salah tiga dari surat Al-Qur’an yang bisa digunakan sebagai obat penenang hati bagi umat Muslim.

Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada sesuatu yang bisa melindungi seorang mukmin melebihi dari surat ni. Ketika seorang mukmin berlindung kepada Allah SWT dan membaca surat ini, maka Allah SWT akan melindungi dan membentenginya dari berbagai keburukan penyakit.

 

Nah, dengan membaca dan mengamalkan surat dan ayat di atas selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, kita juga bisa mendapatkan ketenangan hati. Kita juga bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an setiap hari. Untuk meningkatkan ilmu dalam membaca, memahami, dan menghafal Al-Qur’an, kita dapat memanfaatkan layanan mengaji online. SyariHub adalah salah satu platform yang menyediakan layanan mengaji Al-Qur’an secara online. Layanan ini memudahkan murid dalam menemukan guru yang memberikan bimbingan mengaji Al-Qur’an secara online.

Sumber: Sahijab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *