9 views
Fadhilah Membaca Surat Al-Waaqi'ah Setiap Hari

Fadhilah Membaca Surat Al-Waaqi’ah Setiap Hari

Surat Al-Waaqi’ah merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an yang tergolong sebagai surat Makkiyah. Surat 96 ayat ini dinamakan Surat Al-Waaqi’ah karena sesuai dengan ayat pertamanya yaitu Al-Waaqi’ah yang berarti hari kiamat.

Surat Al-Waaqi’ah ini berisi gambaran tentang huru-hara yang terjadi pada hari kiamat dan 3 golongan manusia pada yaumul Hisab. 3 golongan manusia tersebut yaitu golongan yang menjalankan kebaikan (As-Shabiqun), golongan kanan (Ashabul Yamiin), dan golongan kiri (Ashkhabus Syimal). Surat ini juga berisi bantahan Allah terhadap orang-orang yang mengingkari keberadaan Tuhan, hari kebangkitan, dan adanya hisab.

Dalam Surat Al-Waaqi’ah terdapat beberapa fadhilah yang terkandung, diantaranya sebagai berikut.

  1. Dijauhkan Dari Kemiskinan
    Apabila seseorang membaca Surat Al-Waaqi’ah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.
  2. Memperoleh Kekayaan Berlimpah
    Apabila seseorang membaca Surat Al-Waaqi’ah sebanyak 14 kali setiap selesai sholat Ashar, maka ia akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang berlimpah dan tidak ada habisnya.
    Dari Ibn Mardawaih, Rasulullah saw bersabda “Surat Al-Waaqi’ah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kamu.
  3. Ditunaikan Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki
    Apabila seseorang membaca Surat Al-Waaqi’ah sebanyak 41 kali dalam sekali duduk, maka InsyaAllah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonnya terutama yang berhubungan dengan rezeki.
  4. Mempermudah Roh Keluar dari Jasad
    Apabila Surat Al-Waaqi’ah yang dibacakan di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, maka InsyaAllah akan semakin dipermudahkan kerluarnya roh dari jasadnya. Dengan ini, orang tersebut tidak akan merasakan sakratul maut terlalu lama.
  5. Diringankannya Sakit
    Apabila Surat Al-Waaqi’ah ini dibacakan di sisi orang yang sedang sakit, maka InsyaAllah akan dipermudah untuk kesembuhan dan penyakitnya diringankan.
  6. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga
    Seseorang yang membaca Surat Al-Waaqi’ah meski ia tidak mengetahui artinya akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raga.
    Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waaqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Setelah mengetahui fadhillah dari Surat Al-Waaqi’ah tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an setiap hari.  Untuk meningkatkan ilmu dalam membaca, memahami, dan menghafal Al-Qur’an, kita dapat memanfaatkan layanan mengaji online. SyariHub adalah salah satu platform yang menyediakan layanan mengaji Al-Qur’an secara online. Layanan ini memudahkan murid dalam menemukan guru yang memberikan bimbingan mengaji Al-Qur’an secara online.

Sumber : Keutamaan Surat Al-Waaqi’ah, Fadhilah Surat Al-Waaqi’ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *