4 views
Keutamaan Surat Al-Kahfi

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jum’at

Seperti yang kita ketahui, hari Jum’at adalah hari yang mulia dan istimewa bagi umat Muslim. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at”. (HR. Imam Muslim)
Oleh karena itu, Rasulullah menganjurkan umat Muslim untuk mengerjakan beberapa amalan pada hari Jum’at. Salah satu amalan utama pada hari Jum’at ialah membaca Surat Al-Kahfi.
Lalu, apa saja keutamaan membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jum’at?

Pertama, mendapatkan ampunan dosa antara 2 Jum’at

Keutamaan lain dari Surat Al-Kahfi yaitu akan mendapatkan ampunan dosa antara 2 Jum’at. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, “Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari Kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at”.

Kedua, mendapatkan cahaya dari Allah pada hari Kiamat

Jika seorang Muslim membaca Surat Al-Kahfi pada malam atau hari Jum’at, maka ia akan mendapatkan cahaya dari Allah pada hari Kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jum’at maka akan ada cahaya yang menyinarinya diantara dia dan Al-Bait Al-Atiq (Ka’bah)”. (HR. Ad-Darimi)

Ketiga, mendapatkan petunjuk dan bimbingan dari Allah

Selain memberikan cahaya pada hari Kiamat, Allah juga akan memberikan petunjuk dan bimbingan kepada umatnya yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Hakim, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jum’at”.

Keempat, terhindar dari fitnah Dajjal

Salah satu hal yang paling istimewa dari Surat Al-Kahfi yaitu seseorang yang hafal 10 ayat pertamanya akan diselamatkan oleh Allah dari fitnah Dajjal. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal”. (HR. Muslim)

Kelima, rumah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam

Dengan membaca Surat Al-Kahfi, Insya Allah rumah kita tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam. Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan Surah Al-Kahfi atau Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu”.


 

Sumber : tirto bersamadakwah jurnalgaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *