13 views

KEUTAMAAN DAN MANFAAT PUASA SENIN-KAMIS

Sebagai umat islam, kita telah mengetahui bahwa puasa merupakan bagian dari rukun islam, yaitu amalan yang utama selain shalat wajib. Dengan berpuasa, maka seseorang dapat terhindar dari berbagai macam godaan syahwat selama ia hidup di dunia. Selain berpuasa di bulan ramadhan, banyak sekali puasa yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat muslim yaitu puasa sunnah seperti puasa senin-kamis.
Tata cara pelaksanaan puasa sunnah senin dan kamis sama dengan pelaksanaan puasa-puasa pada umumnya, yaitu dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari di hari senin dan juga di hari kamis. Niat puasa Senin-Kamis adalah sebagai berikut.

Niat Puasa Senin
“Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaii Sunnatan Lillahi Ta’ala. “
Artinya : “Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”.
Niat Puasa Kamis
“Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Ta’ala.”
Artinya : “Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala”.

Setelah kita mengetahui niatnya, maka kita juga harus mengetahui keutamaan berpuasa Senin-Kamis serta manfaatnya. Berikut ini merupakan keutamaan dan manfaat menjalan puasa senin kamis.

Keutamaan puasa Senin- Kamis :

1.Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka.
2.Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia diangkat dan diperiksa.
3.Hari Kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilakukan.
4.Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah Sholallahu Alaihi Wasssalam dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.

Manfaat menjalankan puasa Senin-Kamis :

Selain keutamaan diatas, terdapat berbagai manfaat yang kita dapatkan dalam melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis yaitu sebagai berikut.

1.  Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan sesorang
Menjalan puasa wajib maupun puasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis dapat memberikan efek yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang yang menjalankannya karena seseorang dapat melatih diri menahan hawa nafsu, melatih kesabaran serta meningkatkan keinginan untuk tetap meningkatkan kualitas ketaqwaannnya kepada Allah SWT. Hal ini seperti tercantum di QS. Al-Baqarah:183 yang artinya sebagai berikut.

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah:183)

2. Dapat meningkatkan amalan
Dengan berpuasa, seseorang akan lebih terdorong untuk meningkatkan amalan-amalan lainnya juga seperti membaca Al-Qur’an. Hal ini tentunya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Contohnya, kita dapat mengisi waktu luang kita saat menunggu adzan maghrib dengan mengaji Al-Qur’an. Jika, kita melakukan hal terebut, maka amalan kita akan berlipat ganda yaitu amalan karena melakukan puasa sunnah ditambah lagi amalan karena mengaji Al-Qur’an. Sungguh mulia bukan? Selain itu, jika kita rutin mengaji, maka hati dan jiwa kita akan merasa lebih tenang.

3. Dapat terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk
Dengan berpuasa, maka jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia menjadi terhambat. Oleh karena itu, hal ini dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh tidak baik dari syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.

 

Sumber :

https://dalamislam.com/puasa/keutamaan-puasa-senin-kamis
https://kopisruput.net/2019/07/12/puasa-senin-kamis-bolehkah-jika-puasa-di-salah-satunya-saja/

Penulis :
Prilistia Putri Pratama Priyambada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *